Pancoran - Musim hujan telah datang artinya siap-siap buat kita menghadapi banjir.
Saat diperjalanan dimana kita dihadang banjir banyak pikiran yang terlintas!!! ingin putar balik jauh, menunggu banjir surut sampai berapa lama, kalaupun mau nekat siap resiko motor mogok atau selamat.
Kalau ternyata memutuskan untuk nekat melintasi banjir juga, pastikan dulu apa agan membawa peralatan kunci-kunci motor?? jika bawa oke lanjut aja tp kalau tidak itu namanya cari susah sendiri karena belum tentu di depan sana ada bengkel buka.
Kenyataan pahit ditengah perjalanan ternyata nasip sial motor malah mogok Gak Usah Panik lakukan langkah-langkah berikut :
- Langsung segera matikan kontak lalau dorong sampai banjir terlewati dan cari pinggiran jalan yang aman ( kalau masih hujan cari tempat yang teduh ) . Jangan langsung mencoba menyalakan motor.
- Siapkan peralatan kunci-kunci motor
- Lepaskan Kenalpot : dari blok mesin agar air yg masih berada di dalam kenalpot bisa keluar.
Lebih baiknya lepaskan dari motor dan posisikan kenalpot bediri (tunggingin) karena kemungkinan ada kotoran atau bisa saja ada puntung rokok yang masuk kedalam kenalpot karena air banjir bercampur dengan sampah
- Lepaskan Karburator : untuk membersihkan air yang masuk kedalamnya lalu keringkan, jangan lupa cek tabung jarum skep jika terlihat ada gelembung air bersihkan dan juga keringkan
- Lepaskan Busi : bersihkan dengan kain kering atau bisa dengan amplas kalau ada
kalau langkah diatas sudah selesai selanjutnya pasang kembali Kenalpot, Karburator & Busi. Setelah terpasang coba menghidupkan mesin secara manual (diselah) jangan langsung menggunakan stater.
Masih tidak bisa hidup juga?
Tenang, jangan panik lagi, mungkin perlu kerja keras lagi.
Lepaskan kembali businya gan bersihkan dan keringkan, jangan buru-buru dipasang tunggu dulu
Cari sedotan kalau tidak ada gunakan selang pembuangan aki / selang pembuangan bensin pada karbu.
UNTUK APA ?
Gunakan selang atau alat yang ada untuk menyedot OLI melalui lubang pengisian oli pada mesin.
Semprotkan ( 2-4 kali ) oli itu kedalam lubang busi pada blok mesin.
Setelah itu genjot mesin (dengan salah) sambil anda tutup lubang busi tadi dengan satu jari agan ( lebih enak posisi dengan jari tengan tangan kanan )
KENAPA BEGITU CARANYA ?
Menutup lubang busi dengan jari saat menggenjot mesin biar agan bisa merasakan angin yang ingin berusaha keluar dari blok mesin.
Kalau agan sudah merasakan tekanan angin dari dalam mesin sudah lebih kuat setelah itu anda siap memasang busi kembali dan coba untuk menghidupkn secara manual, jangan distater.
Kalau sudah hidup kenalpot keluar (ngebul)asap putih, gak usah kaget itu efek dari oli yg di semprotkan tadi.
Sekian sedikit tips dari kami
(BthY-KAT#018)
Sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/50ad03aaeb74b458130000bf/tips-motor-mogok-menerjang-banjir--gak-usah-panik-gan/
Saat diperjalanan dimana kita dihadang banjir banyak pikiran yang terlintas!!! ingin putar balik jauh, menunggu banjir surut sampai berapa lama, kalaupun mau nekat siap resiko motor mogok atau selamat.
Kalau ternyata memutuskan untuk nekat melintasi banjir juga, pastikan dulu apa agan membawa peralatan kunci-kunci motor?? jika bawa oke lanjut aja tp kalau tidak itu namanya cari susah sendiri karena belum tentu di depan sana ada bengkel buka.
Kenyataan pahit ditengah perjalanan ternyata nasip sial motor malah mogok Gak Usah Panik lakukan langkah-langkah berikut :
- Siapkan peralatan kunci-kunci motor
- Lepaskan Kenalpot : dari blok mesin agar air yg masih berada di dalam kenalpot bisa keluar.
Lebih baiknya lepaskan dari motor dan posisikan kenalpot bediri (tunggingin) karena kemungkinan ada kotoran atau bisa saja ada puntung rokok yang masuk kedalam kenalpot karena air banjir bercampur dengan sampah
- Lepaskan Karburator : untuk membersihkan air yang masuk kedalamnya lalu keringkan, jangan lupa cek tabung jarum skep jika terlihat ada gelembung air bersihkan dan juga keringkan
- Lepaskan Busi : bersihkan dengan kain kering atau bisa dengan amplas kalau ada
kalau langkah diatas sudah selesai selanjutnya pasang kembali Kenalpot, Karburator & Busi. Setelah terpasang coba menghidupkan mesin secara manual (diselah) jangan langsung menggunakan stater.
Masih tidak bisa hidup juga?
Tenang, jangan panik lagi, mungkin perlu kerja keras lagi.
Lepaskan kembali businya gan bersihkan dan keringkan, jangan buru-buru dipasang tunggu dulu
Cari sedotan kalau tidak ada gunakan selang pembuangan aki / selang pembuangan bensin pada karbu.
UNTUK APA ?
Gunakan selang atau alat yang ada untuk menyedot OLI melalui lubang pengisian oli pada mesin.
Semprotkan ( 2-4 kali ) oli itu kedalam lubang busi pada blok mesin.
Setelah itu genjot mesin (dengan salah) sambil anda tutup lubang busi tadi dengan satu jari agan ( lebih enak posisi dengan jari tengan tangan kanan )
KENAPA BEGITU CARANYA ?
Menutup lubang busi dengan jari saat menggenjot mesin biar agan bisa merasakan angin yang ingin berusaha keluar dari blok mesin.
Kalau agan sudah merasakan tekanan angin dari dalam mesin sudah lebih kuat setelah itu anda siap memasang busi kembali dan coba untuk menghidupkn secara manual, jangan distater.
Kalau sudah hidup kenalpot keluar (ngebul)asap putih, gak usah kaget itu efek dari oli yg di semprotkan tadi.
Sekian sedikit tips dari kami
(BthY-KAT#018)
Sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/50ad03aaeb74b458130000bf/tips-motor-mogok-menerjang-banjir--gak-usah-panik-gan/
0 komentar :
Posting Komentar